Rabu, 19 November 2008

PERSIAPAN UAS PKn SMP KELAS VII

BANK SOAL PKn KLAS VII SMP

Oleh : Michaelov Woga



SEMESTER GASAL

Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c atau d di depan jawaban yang paling tepat !

001. Ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi tingkah laku manusia dalam masyarakat, dinamakan... .
a. Etika
b. Norma
c. Hukum
d. Sopan santun

002. Menurut Filsuf Yunani Aristoteles Manusia disebut “zoon politicon” artinya ... .
a. Manusia yang hidup berkelompok dan bermasyarakat
b. manusia yang hidup bergerombol
c. manusia yang suka berbaur
d. makhluk yang lemah

003. Manusia memiliki sifat, watak, selera dan keinginan yang berbeda satu dengan yang lain. Agar dalam masyarakat tercipta kehidupan yang tertib dan harmonis, maka diperlukan ... .
a. uang yang banyak
b. kemampuan dan kekuatan
c.. norma, kaidah dan peraturan hidup
d musyawarah antar warga masyarakat

004. Pernyataan di bawah ini yang merupakan perwujudan taat terhadap norma agama adalah... .
a. ikut rapat warga dan mentaati hasil rapat sebagai keputusan bersama
b. membawa SIM dan STNK ketika bepergian
c. tidak meludah disembarang tempat
d. hormat dan patuh pada orang tua

005. Agar masyarakat hidup aman, tenteram dan saling menghargai hak dan kewajiban masing-masing, maka diperlukan... .
a. Lembaga Swadaya Masyarakat
b. Pemahaman terhadap peraturan
c. pengawasan ketat aparat keamanan
d. kepatuhan terhadap norma yang berlaku

006. Norma yang muncul dari bisikan hati nurani seseorang disebut... .
a. agama
b. hukum
c. kesusilaan
d. kesopanan

007. Peraturan yang dibuat oleh badan-badan resmi dan bersifat memaksa dan menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang disertai sanksi dinamakan... .
a. sopan santun
b. tata krama
c. hukum
d. Norma

008. Hukum berfungsi untuk melindungi hak setiap orang. Oleh karena itu kita
hendaknya ... .
a. menghormati dan menghargai hak orang lain
b. melawan orang yang tidak mengormati hak kita
c. membuat daftar hak kita dan selalu manjaganya
d. tidak melaksanakan kewajiban, jika sebagian hak kita belum terpenuhi.

009. Sesuatu yang telah terbiasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari pada suatu masyarakat tertentu, disebut... .
a. norma
b. hukum positif
c. adat kebiasaan
d. warisan budaya

010. Peraturan hidup yang berasal dari Tuhan disebut ... .
a. norma hukum
b. norma agama
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan

011. Himpunan peraturan-peraturan (perintah dan larangan) yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang bersifat memaksa dan sanksinya tegas disebut ... .
a. hukum
b. petunjuk hidup
c. peraturan hidup
d. norma dan kaidah

012. Berikut ini yang bukan merupakan unsur-unsur hukum adalah... .
a. peraturan itu harus ditaati
b. peraturan tersebut mudah diganti
c. peraturan itu dibuat oleh badan resmi
d. bagi pelanggar hukum diberikan sanksi yang tegas

013. Hukum bersifat mengatur, maksudnya adalah ... .
a. Hukum mengatur tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat
b. hukum dapat diatur sedemikian rupa agar sesuai keinginan kita
c. peraturan hukum berisi perintah dan larangan
d. hukum memiliki sanksi yang tegas

014. Hukum memiliki sifat.... .
a. mengatur dan memerintah
b. memaksa dan mengikat
c. mengatur dan memaksa
d. mengatur dan mengikat

015. Hukum bertujuan untuk mengatur tata pergaulan hidup manusia secara damai dan adil. Tujuan hukum ini dikemukakan oleh... .
a. L.J Van Apeldoorn
b. J. Van Kan
c. E. Utrecht
d. Aristoteles

016. Hukum dalam konsep dan prakteknya memberikan jaminan bagi masyarakat untuk diperlakukan berdasarkan aturan hukum, dan tidak diperlakukan sewenang-wenang oleh penguasa negara, serta menjamin kepastian mengenai isi aturan. Hal ini merupakan fungsi hukum untuk menjamin... .
a. perlindungan
b. pengayoman
c. keadilan sosial
d. kepastian hukum

017. Dari segi bentuknya, hukum di Indonesia dikelompokkan dalam... .
a. hukum privat dan hukum publik
b. hukum perdata dan hukum dagang
c. hukum tertulis dan hukum tidak tertulis
d. hukum nasional dan hukum internasional

018. Deklarasi Bangkok tentang kerjasama Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara yang tergabung dalam Asean, merupakan contoh dari hukum... .
a. traktat
b. doktrin
c. yurisprodensi
d. undang-undang

019. Hukum yang mengatur hubungan orang yang satu dengan orang yang lain dengan menitik beratkan pada kepentingan perseorangan, disebut hukum... .
a. pidana
b. publik
c. privat
d. Adat

020. RUU tentang keimigrasian, Perlindungan saksi dan korban, merupakan contoh dari .
a. ius constituendum
b. ius constitutum
c. ius sanguinis
d. ius soli

021. Secara menyeluruh hukum perdata terdiri dari empat bagian, yang tidak termasuk dalam hukum perdata adalah .....
a. Hukum waris
b. Hukum Pidana
c. Hukum keluarga
d. Hukum perorangan

022. Hukum yang mengatur bentuk dan susunan pemerintah suatu negara serta hubungan kekuasaan antara alat-alat perlengkapan, hubungan antar negara dengan bagian-bagian negara, disebut ... .
a. Hukum administrasi negara
b. Hukum pidana khusus
c. Hukum pidana umum
d. Hukum tata negara
23. Hukum pidana yang berlaku bagi orang-orang yang mempunyai kualifikasi khusus .....
a. Hukum Pidana Istimewa
b. Hukum Pidana Umum
c. Hukum Pidana Khusus
d. Hukum Acara Pidana

024. Yang bukan merupakan bagian hukum menurut wilayah belakunya adalah ....
a. Hukum waris
b. Hukum gereja
c. Hukum nasional
d. Hukum internasional

025. Hukum yang memuat peraturan-peraturan yang mengatur bagaimana cara-cara melaksanakan dan mempertahankan hukum material adalah ....
a. Hukum formil
b. Hukum materil
c. Hukum pidana
d. Hukum tata negara

026. Kitab Undang - Undang Hukum Pidana dan Kitab Undang - Undang Hukum Perdata merupakan contoh dari....
a. Hukum materil
b. Hukum formal
c. Hukum nasional
d. Hukum tata negara

027. Menurut isinya atau hubungan kepentingan yang diatur, hukum di Indonesia dikelompokkan dalam .....
a. Hukum yang memaksa dan hukum yang mengatur
a. Hukum tertulis dan Hukum tidak tertulis
b. Hukum privat dan Hukum publik
c. Hukum perdata dan dagang

028. Undang Undang Dasar 1945 merupakan contoh hukum ... .
a. Gereja
b. Lokal
c. Nasional
d. Internasional

029. Menjamin kepastian hukum, Menjamin keadilan sosial, dan pengayom , merupakan a. Tujuan hukum
b. Fungsi hukum
c. Norma hukum
d. Hakekat hukum

030. Yang tidak termasuk dalam hukum pidana khusus adalah ....
a. Hukum pidana ekonomi
b. Hukum pidana militer
c. Hukum pidana politik
d. KUHP

031. Contoh perbuatan sopan santun di sekolah adalah ... .
a. menaati peraturan sekolah
b. tidak menyontek saat ulangan
c. membuang sampah pada tempatnya
c. menghormati dan menghargai guru dan teman

032. Banyaknya pelanggaran hukum di masyarakat mengakibatkan .....
a. kesejahteraan meningkat
b. pembangunan berjalan dengan lancar
c. terjadinya persaingan bisnis yang ketat
d. timbulnya banyak masalah sosial di masyarakat

033. Banyak turis asing maupun dalam negeri yang datang ke Pulau Bali, karena .....
a. pulau dan hasil budayanya yang menarik
b. masyarakatnya jujur dan tak ada yang berbuat jahat
c. banyak penginapan murah dan tempat rekreasi gratis
d. percaya bahwa sepulang dari Bali akan memperoleh rejeki berlipat

034. Tujuan norma agama adalah .....
a. untuk membedakan umat beragama yang satu dengan yang lain
b. mendorong pengamalan iman dan kualitas umat beragama
c. guna membatasi kebebasan umat beragama
d. mengatur hubungan antar umat beragama

036. Penerapan norma hukum dalam kehidupan bernegara dapat berupa ....
a.. menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan
b. membayar tagihan listrik setiap bulan
c. selalu membayar pajak tepat waktu
d. menggunakan produksi dalam negeri

037. Di bawah ini adalah contoh penerapan norma adat di daerah Jawa, seperti .....
a. membangun rumah adat
b. gotong royong menanam padi
c. kerja bakti kebersihan lingkungan
d. sambatan bersama-sama membangun rumah

038. Contoh norma hukum dalam lingkungan sekolah .....
a. mengikuti kegiatan olah raga
b. menaati tata tertib sekolah
c. mengikuti pemilihan OSIS
d. memilih wali kelas

039. Contoh perilaku yang menunjukkan kepatuhan terhadap tata tertib di sekolah adalah a. mengajari teman yang belum memahami pelajaran
b. meminjam buku pelajaran di perpustakaan sekolah
c. mengikuti upacara bendera setiap hari Senin
d. ikut mendirikan sanggar Pramuka

040. Dalam kehidupan kenegaraan setiap tanggal 16 Agustus menjelang peringatan HUT Kemerdekaan RI presiden melaksanakan pidato kenegaraan di hadapan sidang .....
a. DPR
b. DPD
c. umum
d. Istimewa

041. Salah satu contoh penerapan norma dalam keluarga adalah ... .
a. membayar pajak
b. hormat pada bapak dan ibu guru
c. Ayah melaksanakan kerja bakti RT
d. siswa mengerjakan PR di sekolah

042. Pada masyarakat Bali terdapat adat melakukan upacara pembakaran jenazah yang disebut..
a. subak
b. ngaben
c. galungan
d. pager wesi

043. Wujud kepatuhan kita terhadap peraturan yang berlaku dalam masyarakat adalah .....
a. mengikuti ronda sesuai waktu yang disepakati bersama
b. mencuci pakaian setiap hari agar tetap bersih
c. selalu bangun pagi supaya badan tetap sehat
d. setiap hari berangkat kerja mencari nafkah

044. I. Dipimpin oleh Raja dan para bangsawan
II. Terorganisasi secara baik
III. Semata-mata perjuangan fisik
IV. Bila pemimpin gugur perlawanan padam
V. Melalui organisasi nasional
Dari pernyataan di atas ciri-ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum tahun 1908 adalah .....
I, II, III
I, III, IV
II, III, IV
III, IV, V

045. Peranan BPUPKI adalah .....
a. menyelidiki dan mempersiapkan segala hal untuk negara Indonesia yang akan dibentuk
b. membagi Indonesia menjadi 8 provinsi serta mengangkat 13 menteri negara
c. menyusun Pembukaan UUD 1945 bersama Panitia Kecil (Panitia 9)
d. menyusun dan menjelaskan secara terperinci tentang Proklamasi

046. Peran penting Laksamana Tadashi Maeda dalam kemerdekaan Indonesia adalah .....
a. melatih pemuda-pemuda Indonesia menjadi tangguh menghadapi musuh
b. menyusun teks proklamasi bersama Ir. Sukarno dan Drs. Muh Hatta
c. menyediakan tempat yang aman untuk menyusun teks proklamasi
d. membacakan teks Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945

047. Pengertian Peristiwa Rengasdengklok dalam proses proklamasi adalah .....
a. Penyerangan terhadap pasukan Jepang yang bermarkas di Rengasdengklok
b. Generasi tua bersama generasi muda menyusun teks proklamasi di Rengasdengklok
c. Perundingan antara Chairul Saleh wakil generasi muda dengan Mr. Ahmad Subarjo wakil
golongan tua di Rengasdengklok
d. Sukarno-Hatta diamankan oleh golongan muda agar tidak terpengaruh Jepang dan segera memproklamirkan kemerdekaan di Rengasdengklok

048. Naskah asli proklamasi ditulis di .....
a. Jl. Pegangsaan Timur nomor 56 Jakarta
b. Jl.
Imam Bonjol No. 1 Jakarta
c. Di kediaman Jendral Teranchi
d. Di Jl. Merdeka barat Yakarta

049. Arti penting kemerdekaan bagi suatu bangsa adalah .....
a. bebas dari penjajah dan kebebasan mengatur negara sendiri
b. tidak lagi bekerja sama dengan negara lain dan penjajah
c. tidak lagi berhubungan dengan negara manapun
d. penghapusan semua pengaruh dari penjajah

050. Makna proklamasi kemerdekaan secara hukum adalah .....
a. menghapuskan tata hukum nasional mengganti dengan tertib hukum kolonial
b. menghapus tertib hukum kolonial mengganti dengan tertib hukum nasional
c. bebas menentukan nasib sendiri tidak perlu kerja sama dengan orang lain
d. bangsa Indonesia secara hukum telah lepas dari belenggu penjajah

051. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan .....
a. titik awal perjuangan bangsa Indonesia
b. titik balik perjuangan bangsa Indonesia
c. titik puncak perjuangan bangsa Indonesia
d. titik akhir pejuangan bangsa Indonesia

052. Berikut ini dasar hukum bedirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah .....
a. Pancasila
b. Proklamasi
c. Pembukaan UUD 1945
d. Dekrit Presiden 5 Juli 1959

053. Dalam Pembukaan UUD 1945 disebutkan bahwa kemerdekaan itu merupakan hak asasi manusia, hal tersebut tercantum dalam .....
a. alinea I
b. alinea II
c. alinea III
d. alinea IV

054. Peristiwa Rengasdengklok dilatarbelakangi oleh .....
a. siapa yang akan menyusun naskah proklamasi
b. siapa yang akan membacakan naskah proklamasi
c. adanya vacuum of power karena kekalahan Jepang
d. adanya perbedaan pendapat antara golongan tua dan golongan muda

055. 1. Chaerul Shaleh
2. Ir. Soekarno
3. Drs. Moh. Hatta
4. Mr. Ahmad Subardjo
Tiga tokoh penting dalam penyusunan naskah proklamasi pada tanggal 16 Agustus 1945 adalah ....
a. 1,2,3
b.1,2,4
c. 1,3,4
d. 2,3,4

056. Contoh bentuk penindasan yang dilakukan oleh penjajah terhadap rakyat Indonesia adalah ..
a. tanam paksa
b. tukar guling
c. pajak ganda
d. kerja lembur

057. Proklamasi merupakan saat berlakunya tata hukum nasional dan tidak berlakunya lagi tata hukum kolonial, merupakan arti proklamasi secara ....
a. politis
b. yuridis
c. ideologis
d. sosiologis

058. Bangsa Indonesia terlepas dari kekuasaan dan penjajahan bangsa lain, merupakan arti proklamasi secara .....
a. politis ideologis
b. konstitusional
c. sosiologis
d. yuridis

059. Dengan Proklamasi 17 Agustus 1945 berarti telah berdiri negara Indonesia yang telah memenuhi syarat menurut Hukum Tata Negara yaitu .....
a. memiliki DPR
b. memiliki presiden
c. adanya rakyat atau penduduk
d. adanya pemerintahan yang berdaulat

060. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia mempunyai makna yang penting bagi Indonesia, yaitu ...
a. bangsa Indonesia telah mengakhiri perjuangan fisik
b. bangsa Indonesia selalu menjunjung tinggi jasa pahlawan
c. bangsa Indonesia memiliki modal utama untuk membangun
d. merupakan pernyataan bahwa bangsa Indonesia mampu melawan penjajah

061. Dalam Pembukaan UUD 1945 bangsa Indonesia mengakui dan menyatakan secara tegas tentang kekuasaan Tuhan atas kemerdekaan yang telah diraih. Pernyataan ini terdapat pada alinea .....
a. pertama
b. ke dua
c. ke tiga
d. ke empat

062. Negara-negara yang pernah menjajah Indonesia adalah .....
a. Belanda, Inggris, Perancis
b. Portugis, Belanda, Jepang
c. Portugis, Inggris, Perancis
d. Jepang, Belanda, Rusia

063. Yang mencerminkan penderitaan bangsa Indonesia selama dijajah oleh bangsa lain adalah ...
a. hidup dalam alam kemiskinan
b. mendapat perhatian dari pemerintah
c. punya kesempatan untuk menuntut ilmu
d. mendapat pengalaman belajar dengan bangsa lain

064. Yang menjadi faktor pendorong perjuangan rakyat Indonesia adalah .....
a. mampu mendirikan berbagai organisasi
b. terwujudnya persatuan dan kesatuan
c. ingin bebas dari penderitaan
d. bejuang tanpa pamrih

065. Arti kemerdekaan bagi suatu bangsa adalah .....
a. kemerdekaan didambakan oleh seluruh rakyat
b. bebas untuk berbuat apa saja sesuai keinginan
c. kemerdekaan merupakan hasil perjuangan bersama
d. bebas untuk menentukan nasib bangsanya sendiri

066. Nilai semangat proklamasi yang harus kita contoh adalah .....
a. mau menang sendiri
b. pantang menyerah
c. Chauvinisme
d. Fanatisme

067. Kata dalam rancangan Pembukaan UUD 1945 yang semula berbunyi “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya” diubah menjadi .....
a. Ketuhanan
b. Ketuhanan Yang Esa
c. Ketuhanan Yang Maha Esa
d. Ketuhanan yang berkebudayaan

068. UUD 1945 disyahkan pada tanggal 18-8-1945 oleh ....
a. MPR
b. PPKI
c. BPUPKI
d. Panitia Kecil

069. Sidang PPKI pada tanggal 18-8-1945 menghasilkan keputusan sebagai berikut, kecuali .....
a. membentuk KNIP
b. membentuk MPRS dan DPAS
c. menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
d. mengangkat Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden

070. Hubungan antara Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945, adalah .
a. keduanya disusun oleh lembaga yang sama
b. Pembukaan UUD 1945 merupakan kelanjutan proklamasi
c. Pembukaan UUD 1945 merupakan pernyataan proklamasi yang terinci
d. Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 merupakan perjuangan bangsa Indonesia

071. Suasana sidang PPKI pada saat penyusunan konstitusi pertama didasari dengan semangat...
a. kebersamaan dan kekeluargaan
b. individualisme
c. eksklusifisme
d. Fanatisme

072. BPUPKI mengadakan sidang pertama pada tanggal .....
a. 28 April 1945
b. 29 Mei 1945
c. 29 Mei – 1 Juni 1945
d. 10 Juli – 17 Juli 1945

073. Di bawah ini merupakan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 yang tercantum dalam penjelasan UUD 1945, kecuali .....
a. negara persatuan
b. negara berkerakyatan
c. negara berkeadilan sosial
d. negara berkedaulatan rakyat

074. Dengan masih berlakunya UUD 1945 sampai sekarang meski telah mengalami amandemen menunjukkan bahwa UUD 1945 bersifat .....
a. sakti
b. supel
c. sopan
d. Singkat

075. Badan yang ditugasi untuk melaksanakan penyelidikan bagi usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia adalah .....
a. PPKI
b. BPUPKI
c. Panitia Kecil
d. Panitia Sembilan

076. Bagi bangsa Indonesia Proklamasi Kemerdekaan mempunyai arti seperti di bawah ini, kecuali
a. bahwa bangsa Indonesia dengan tekad dan kekuatannya sendiri menjadikan bangsa yang
merdeka
b. bangsa Indonesia akan mengatur negara sendiri dan mempertahankan terhadap gangguan luar
c. bahwa bangsa Indonesia menjadi pelopor bangsa-bangsa Asia Afrika
d. bangsa Indonesia bebas dari penjajahan bangsa asing

077. Deklarasi kemerdekaan yang terkandung dalam Alinea 1 Pembukaan UUD 1945, merupakan pernyataan yang bersifat ....
a. lokal
b. universal
c. insidental
d. Sementara

078. Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia, yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945, pada hakikatnya merupakan .....
a. pencetusan segala perasaan yang sedalam-dalamnya, yang terpendam dalam hati sanubari rakyat Indonesia
b. hal yang seharusnya dilakukan oleh bangsa-bangsa yang terjajah
c. kehendak dari Tuhan Yang Maha Kuasa
d. hadiah dari bangsa Jepang

079. Perhatikan pernyataan di bawah ini :
1) Perasaan senasib dan sepenanggungan, yaitu dengan adanya penjajahan yang membelenggu bangsa Indonesia, rakayat Indonesia mengalami penderitaan, kenistaan, serta kesengsaraan lahir batin.
2) Adanya kesadaran bahwa kemerdekaan merupakan hak asasi yang harus dimiliki karena tanpa adanya kemerdekaan, negara Indonesia tidak akan berdiri.
3) Proklamasi kemerdekaan yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945
4) Adanya nilai-nilai luhur dan agama yang menjiwai dan mempengaruhi bangsa Indonesia
Dari pernyataan tersebut di atas, yang menjadi landasan moral dan mental bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya ditunjukkan pada nomor .....
a. 2), 3), dan 4)
b. 1), 3), dan 4)
c. 1), 2), dan 3)
d. 1), 2), dan 4)

080. Makna kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah kemerdekaan merupakan hasil perjuangan melawan penjajah dengan pengorbanan jiwa dan harta kekayaan, semangat cinta tanah air dan bangsa, sebagai titik kulminasi perjuangan mencapai kemerdekaan, dan menjadi sumber hukum berlakunya ....
a. hukum kolonial dan tidak berlakunya hukum nasional
b. Undang Undang Dasar 1945 dan dasar negara Pancasila
c. hukum nasional dan tidak berlakunya hukum kolonial
d. Pembukaan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia

081. Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 merupakan satu kesatuan dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, diantara keduanya tidak dapat dipisahkan. Proklamasi Kemerdekaan merupakan proclamation of independence, sedangkan Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 merupakan .....
a. declaration of independence
b. declaration of human right
c. rights of legal equality
d. universal declaration

082. Hubungan antara proklamasi dan UUD 1945, yaitu bahwa proklamasi merupakan pengejawantahan isi jiwa bangsa Indonesia, yang artinya .....
a. proklamasi merupakan titik puncak perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan
b. proklamasi sebagai jembatan emas yang merupakan penghubung untuk mengantarkan bangsa Indonesia ke masa kemerdekaan
c. proklamasi menandai berdirinya negara Indonesia dan sekaligus dimulainya sejarah
ketatanegaraan baru sebagai negara yang merdeka dan berdaulat
d. proklamasi kemerdekaan merupakan perwujudan dari jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia sebagai bangsa yang bermartabat dengan kehidupan yang bebas menentukan nasibnya sendiri

083. UUD 1945 merupakan kontrak sosial yang bersifat final sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang di dalamnya terdapat deklarasi kemerdekaan, yang berisi asas, visi dan misi bangsa Indonesia. Asas bangsa Indonesia tersebut adalah .
a. untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial
b. kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan
c. terwujudnya negara Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
d. supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas

084. Dalam rangka mewujudkan cita-cita proklamasi, yaitu tercapainya masyarakat adil dan makmur, merata material dan spiritual, yang dijabarkan secara rinci dalam UUD 1945, maka proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945 merupakan .....
a. sumber tertib hukum yang menjadi tonggak sejarah bangsa Indonesia
b. hubungan yang bersifat kesatuan organis
c. hubungan yang bersifat kesatuan organis
d. amanat luhur dan suci bangsa Indonesia

085. Dengan ditetapkannya UUD 1945 pada tanggal 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan ditetapkannya presiden dan wakil presiden menunjukkan bahwa .....
a. proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisah- pisahkan
b. peristiwa itu merupakan realisasi tindak lanjut proklamasi kemerdekaan
c. peristiwa itu tidak ada hubungannya dengan proklamasi
d. hal yang biasa dilakukan negara yang baru merdeka

086. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia, pernyataan ini dijelaskan dan ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945 .....
a. alinea 1 dan 2
b. alinea 2 dan 3
c. alinea 1, 2 dan 3
d. alinea 1, 2, 3 dan 4

087. Hal-hal yang mengenai pemindahan dan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya dijelaskan pada
a. Pembukaan alinea 4
b. Peraturan pemerintah
c. Batang tubuh UUD 1945
d. Pasal-pasal dalam UUD 1945

088. Pernyataan kemerdekaan yang tertuang dalam teks proklamasi ditegaskan dalam ......
a. alinea 1
b. alinea 2
c. alinea 3
d. alinea 4

089. Apabila proklamasi kemerdekaan memberitahukan kepada kita dan dunia bahwa Indonesia telah menjadi negara merdeka maka pembukaan UUD 1945 memberikan
a. nuansa baru bagi kehidupan
b. harapan yang ingin dicapai
c. gambaran masa depan Indonesia
d. pedoman untuk mengisi kemerdekaan

090. Cita-cita luhur proklamasi tertuang dalam .....
a. UUD 1945
b. Pembukaan UUD 1945
c. Perjanjian luhur bangsa
d. Batang tubuh UUD 1945

091. Pembukaan UUD 1945 merupakan pokok kaidah negara yang mendasar tidak dapat diubah oleh siapapun, kecuali .....
a. pemuka masyarakat
b. pembentuk daerah
c. pembentuk negara
d. pemuka negara

092. Pembukaan UUD 1945 memiliki hakekat kedudukan hukum yang lebih tinggi dari pada pasal-pasal dalam batang tubuh UUD 1945 sebab ....
a. memiliki sifat supel
b. merupakan kesatuan yang bulat
c. mempunyai hubungan yang erat
d. merupakan pokok kaidah negara yang fundamental

093. Batang tubuh UUD 1945 merupakan penjabaran dari pokok-pokok pikiran yang terkandung
dalam .....
a. Perpu
b. Pembukaan UUD 1945
c. Pasal-pasal UUD 1945
d. Proklamasi 17 Agustus 1945

094. Pembukaan UUD 1945 mempunyai fungsi atau hubungan langsung dengan .....
a. UUD 1945
b. Proklamasi
c. Batang tubuh UUD 1945
d. Cita-cita luhur bangsa Indonesia

095. Sumber hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah .....
a. UUD 1945
b. Pembukaan
c. Proklamasi
d. Batang tubuh

096. Kaidah atau ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga dapat mempengaruhi tingkah laku manusia disebut .....
a. norma
b. norma hukum
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan

097. Tujuan ditetapkannya norma hukum adalah .....
a. dapat menciptakan ketertiban
b. dapat menciptakan keamanan
c. dapat menciptakan kedisiplinan
d. dapat menciptakan kedamaian

098. Tidak boleh meludah di depan orang merupakan contoh penerapan norma .....
a. agama
b. hukum
c. kesusilaan
d. kesopanan

099. Fungsi pokok norma bagi kehidupan masyarakat adalah .....
a. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan pada perdamaian abadi, kemerdekaan dan keadilan sosial
b. untuk membantu tokoh masyarakat dalam menciptakan ketertiban
c. sebagai pedoman / penuntun tingkah laku manusia
d. untuk melindungi fakir miskin

100. Dengan lahirnya proklamasi kemerdekaan diharapkan suatu bangsa dapat mencapai kemajuan dan kesejahteraan hidup bagi rakyatnya karena proklamasi memiliki makna sebagai ......
a. akhir dari penjajahan
b. sebagai awal perjuangan
c. sebagai pembangunan bangsa
d. sebagai titik puncak perjuangan bangsa

101. Konstitusi merupakan sesuatu yang sangat penting bagi negara sebab di dalam konstitusi biasanya diatur tentang .....
a. suatu ketentuan pokok berdirinya suatu negara
b. suatu program pembangunan bangsa
c. nama-nama para pejabat negara
d. sejarah perjuangan bangsa

102. Perilaku siswa yang menunjukkan sikap positif terhadap pernyataan kemerdekaan dapat diwujudkan dalam ....
a. belajar giat
b. memperingati hari-hari besar nasional
c. menangkal masuknya ideologi negara lain
d. menangkal masuknya budaya asing yang bertentangan dengan konstitusi

103. Dengan lahirnya proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 berarti .....
a. bangsa Indonesia tidak lagi mengadakan hubungan / kerjasama dengan negara-negara lain
b. bangsa Indonesia mempunyai tanggung jawab untuk mengisi kemerdekaan
c. bangsa Indonesia menjadi bangsa yang paling terhormat
d. bangsa Indonesia tidak lagi memerlukan bantuan

104. Arti pentingnya proklamasi bagi bangsa Indonesia adalah .....
a. akhir dari suatu penjajahan
b. untuk melaksanakan ketertiban dunia
c. untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
d. bangsa Indonesia lepas dari penindasan bangsa lain

105. Contoh perilaku warga negara yang setia terhadap bangsa dan negara adalah .....
a. melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia
b. memajukan kesejahteraan umum
c. mencerdaskan kehidupan bangsa
d. mencintai tanah air dan bangsa

106. Aristoteles menyatakan bahwa manusia adalah Zoon Politicon artinya :

a. manusia sebagai mahluk pribadi

b. pada dasarnya manusia selalu ingin hidup bersama

c. manusia paling tinggi derajatnya di dunia

d. manusia dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain disekitarnya

107. Oleh karena manusia punya keinginan, kepentingan, selera yang berbeda-beda dalam kehidupan bermasyarakat, maka agar tidak terjadi benturan yang berakibat pada perselisihan, dalam hidup bermasyarakat diperlukan :

a. adanyas sikap toleransi

b. kesadaran hidup bermasyarakat

c. norma, kaidah atau peraturan hidup

d. kerja sama antaranggotamasyarakat di sekitarnya

108. Diantara ajaran yang terkandung dalam norma kesopanan adalah:

a. jangan berbohong

b. berbuat kebaikan pada sesame

c. jangan melakukan perbuatan dosa

d. jangan meludah disembarang tempat

109. Norma yang bersumber dari hati sanubari manusia adalah:

a. norma agama

b. norma hukum

c. norma kesopanan

d. norma kesusilaan

110. Himpunan peraturan-peraturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat yang bersifat memaksa dan meniliki sanksi yang tegas harus dipatuhi masyarakat disebut:

a. Norma

b. Hukum

c. Kaidah

d. Peraturan hidup

111. Berikut ini unsur-unsur hukum, kecuali:

a. peraturan bersifat memaksa

b. peraturan dibuat oleh badan resmi negara

c. peraturan tersebut mudah diganti atau diperbaharui

d. diberikan sanksi yang tegas terhadap pelaku pelanggaran hukum

112. Hukum bersifat mengatur artinya ….

a. hukum merupakan aturan-aturan masyarakat

b. hukum memuat perintah dan larangan yang harus ditaati

c. masyarakat agar tertib dan teratur perlu diatur dengan aturan-aturan resmi

d. hukum dapat memaksa anggota masyarakat untuk mematuhi aturan-aturan yang

ada

113. Tujuan dibuatnya hokum antara lain:

a. menjamin kepastian hukum, ketertiban, kedamaian, dan keadilan dalam

masyarakat.

b. agar masyarakat runduk dan patuh pada pemerintahsehingga pembangunan

berjalan lancer.

c. menjamin pelaksanaan hak-hak masyarakat agar dapat terpenuhi dengan baik

d. memberikan jaminan pelaksanaan hak asasi manusia

114. Hukum harus memberikan jaminan bagi anggota masyarakat, untuk diperlakukan oleh negara/penguasa berdasarkan aturan hukum dan tidak dengan sewenang-wenang. Hal ini merupakan fungsi hukum untuk menjamin :

a. keadilan sosial

b. kepastian hukum

c. pengayoman

d. perlindungan

115. Menurut bentuknya hukum terdiri dari:

a. KUHP dan kitab undang-undang hukum perdata

b. kodifikasi hukum dan hukum tertulis

c. hukum tertulis dan hukum tidak tertulis

d. hukum kebiasaan dan hukum undang-undang

116. Contoh penerapan norma dalam lingkungan keluarga antara lain:

a. setiap naik kendaraan bermotor menggunakan helm standart

b. sikap patuh dan taat seorang anak terhadap orang tuanya

c. memakai seragam sekolah sesuai dengan ketentuan sekolah

d. taat membayar pajak tepat pada waktunya

117. Pembentukan sikap taat terhadap norma yang berlaku yang paling tepat dimulai dari lingkungan keluarga, sebab:

a. keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak

b. keluarga merupakan cermin dari masyarakat terkecil

c. anggota keluarga mempunyai hubungan pertalian darah

d. keluarga merupakan tempat utama dan pertama dalam penanaman nilai.

118. Mengapa seorang anak wajib patuh dan taat pada orang tua ?

a. orang tua yang membiayai hidup kita

b. semua tingkah laku orang tua pasti baik dan bisa dicontoh

c. orang tua patut disayangi dan dibelaskasihani karena sudah tua

d. orang tua dianggap sebagai wakil Tuhan yang menjadi perantara keberadaan kita

119. Tugas-tugas rumah yang dapat kamu lakukan untuk membantu orang tua antara lain:

a.melaksanakan ibadah bersama anggota keluarga

b. mengikuti acara rekreasi keluarga pada hari libur

c. memasak, menata tempat tidur, dan mengatur taman

d. mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru bersama anggota

keluarga.

120. Penanaman nilai-nilai ketaatan dan kepatuhan terhadap norma kemasyarakatan harus ditanamkan sejak dini dan pertama kali pada lingkungan:

a. keluarga

b. sekolah

c.masyarakat umum

d. keluarga, sekolah, dan masyarakat

121. Pengembangan nilai-nilai keagamaan dalam lingkungan keluarga tercermin dalam kegiatan :

a. melaksanakan kerja bakti bersama

b. membantu anggota keluarga yang mengalami kesulitan

c. doa bersama pada waktu akan makan siang atau malam

d. membela anggota keluarga yang yang melakukan kesalahan pada orang lain

122. Tujuan utama dibuatnya tata tertib sekolah adalah:

a. agar siswa tidak melanggar aturan yang ditetapkan sekolah

b. mewujudkan masyarakat hukum yang takut pada pelanggaran

c. agar siswa, guru, dan kepala sekolah tidak datang terlambat di sekolah.

d. terciptanya suasana aman, tenteram, tertib, dan damai dalam proses kegiatan

mengajar.

123. Penerapan norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan di sekolah antara lain tercermin dalam perilaku seperti tersebut dibawah ini, kecuali:

a. hormat dan patuh terhadap bapak dan ibu guru

b. menjaga keamanan, ketertiban, dan kebersihan sekolah

c. bekerja sama dengan teman dalam mengerjakan ulangan

d. aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan sekolah.

124. Contoh perilaku seseorang yang menjaga tata karma dalam pergaulan adalah :

a. mau menghargai orang lain yang lebih tua usianya

b. bersikap sopan dan taat pada pimpinan/atasannya saja

c. menghormati dan menghargai pendapat orang lain

d. mempererat hubungan dengan orang-orang yang memiliki status sosial ekonomi

yang sama.

125. Bentuk kepedulian kita terhadap masyarakat yang terkena musibah adalah :

a. memberikan bantuan dengan tulus ikhlas sesuai dengan kemampuan

b. membantu bila ada permintaan dari korban bencana

c. ikut merasakan penderitaan itu sedalam-dalamnya

d. aktif mengikuti informasi korban bendana alam

126. Contoh partisipasi warga kampung dalam menjaga keamanan lingkungan, kecuali:

a. aktif memberantas penyakit masyarakat

b. menghakimi sendiri setiap ada pencuri yang tertangkap

c. aktif melaksanakan ronda sesuai dengan jadwal yang ditetapkan

d. melaporkan pada yang berwenang bila ada tindak kejahatan di kampungnya

127. Perbuatan main hakim sendiri tidak dibenarkan dalam masyarakat, karena tidak sesuai dengan ajaran Pancasila, yakni sila ke :

a. 5 b. 2 c. 3 d. 4

128. Penyampaian aspirasi masyarakat terhadap kebijakan pemerintah yang dipandang kurang mengakomodasi rakyat banyak, sebaiknya dilakukan dengan :

a. tetap memperhatikan kaidah atau hukum yang berlaku

b. mencaci maki aparat karena merugikan rakyat banyak

c. ramai-ramai unjuk rasa di jalan raya atau tempat strategis lainnya

d. menggerakkan massa berdemonstrasi agar kebijakan tersebut dicabut

129. Salah satu bentuk penegakan hukum di negara hukum antara lain :

a. negara memiliki aparat hukum yang lengkap

b. tidak ada tindak kejahatan dalam masyarakat

c. setiap orang yang dianggap bersalah langsung dijatuhi hukuman

d. adanya proses peradilan terhadap setiap perbuatan yang diduga melanggar

hukum

130. Contoh norma yang dibuat oleh negara dan wajib ditaati oleh warganya adalah :

a. kaidah

b. etika pergaulan

c. undang-undang

d. adapt-istiadat masyarakat